PENJELASAN TUPOKSI PERANGKAT DESA

20141229-006

KEGIATAN KEPALA DESA DAN PERANGKAT DESA

DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

 

KEPALA DESA

  1. Otorisator, Keuangan Desa / Pengguna Anggaran
  2. Memimpin Tim Anggaran Pemerintah Desa
  3. Memantau, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan yang bersumber dari APBDesa
  4. Menandatangani Specimen rekening Desa
  5. Menandatangani slip pencairan dana Over Booking ke rekening pelaksana kegiatan
  6. Menyampaikan LPPD secara tertulis kepada BPD dan kepada BUPATI cq.Camat dalam acara khusus

SEKRETARIS DESA

  1. Sebagai Koordinator Pelaksanaan Kegiatan yang bersumber dari APBDesa
  2. Memantau dan mengendalikan kegiatan yang bersumber dari APBDesa
  3. Menandatangani specimen rekening sekretariat Desa
  4. Mengesahkan laporan pertanggungjawaban keuangan

KEPALA URUSAN UMUM (Jika Kaur hanya 1, dilaksanakan oleh Kasi Pem & Trantib)

  1. Merencanakan, melaksanakan dan mempertanggungjawabkan anggaran kegiatan penyusunan APBDesa, penyediaan administrasi perkantoran dan rapat, penghasilan tetap Kepala Desa dan Perangkat Desa, Honor Lembaga dan Masyarakat Desa, PHBN/PHBI dan Operasional Pemerintahan Desa lainnya
  2. Menandatangani specimen rekening Sekretariat Desa
  3. Menyusun dokumen Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes)
  4. Menyusun Nota Penggunaan Dana (NPD) dan mengajukan kepada Kepala Desa melalui Kepala Urusan Keuangan/Bendahara Desa

KEPALA URUSAN KEUANGAN

  1. Bertindak sebagai Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) dan Bendaharawan Desa
  2. Menandatangani Rekening Desa
  3. Menyusun pengajuan Pencairan Dana Desa / Surat Permintaan Pembayaran (SPP) kepada Bupati melalui BPMPD
  4. Menerima pengajuan Nota Penggunaan Dana (NPD) dari PPTKDes kemudian mengajukan ke Kepala Desa
  5. Menerbitkan Surat Perintah Membayar (SPM) yang ditandatangani oleh Bendahara Desa dan Kepala Desa selanjutnya diajukan kepada Bank yang ditunjuk di outo debet
  6. Menerima dan memeriksa SPJ kegiatan dan selanjutnya diserahkan kepada Sekretaris Desa untuk disahkan
  7. Menyusun laporan realisasi anggaran desa setiap semester

 

KEPALA SEKSI PEMERINTAHAN DAN TRANTIB

  1. Bertindak sebagai Pelaksana Kegiatan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKDes) seksi Pem dan Trantib
  2. Menyusun Rencana Anggaran dan Kegiatan Pembinaan RT dan RW, biaya Pilkades, penguatan Kelembagaan BPD, data Profil Desa
  3. Melakukan pembinaan, monitoring, evaluasi pelaksanaan kegiatan dan pertanggungjawaban keuangan
  4. Menjadi Kasat Linmas Desa
  5. Bersama-sama dengan Pelaksana Kegiatan menyusun Nota Penggunaan Dana (NPD) dan mengajukan kepada Kepala Desa melalui Kaur Keuangan

KEPALA SEKSI EKBANG DAN KESRA

  1. Bertindak sebagai Pelaksana Kegiatan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKDes) seksi Ekbang & Kesra
  2. Menyusun Rencana Anggaran dan Kegiatan LPM, Karang Taruna, PKK, Posyandu dan kegiatan fisik melalui Padat Karya dan Pagu Indikatif Kecamatan
  3. Melakukan pembinaan, monitoring, evaluasi pelaksanaan kegiatan dan pertanggungjawaban keuangan kegiatan yang menjadi ruang lingkup tugasnya
  4. Bersama-sama dengan Pelaksana Kegiatan menyusun Nota Penggunaan Dana (NPD) dan mengajukan kepada Kepala Desa melalui Kaur Keuangan

Kepala BPMPD Kab.Lebak

 

RUSITO,S.Sos,M.Si

NIP.197101111992011003

bagikanShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Print this page

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *