Kominfo Lantik Relawan TIK Provinsi Banten

Sajira, (20-21/04/2015) Kementrian Komunikasi dan Informasi telah lantik 9 orang Relawan TIK tingkat Provinsi Banten, sembilan relawan tersebut berasal dari perwakilan 3 Kecamatan di Kabupaten Lebak, yaitu Kecamatan Sajira 5 orang, Muncang 2 orang dan Kecamatan Sobang 2 orang. Pelantikan ini juga sekaligus membuka Festival Desa Melek IT yang juga menghadirkan 37 Desa di Kabupaten Lebak. Pelantikan ini diselenggarakan oleh Komunitas RMI (Rimbawan Muda Indonesia) yang bertempat di Aula Kecamatan Sajira Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

lantik

Prosesi Pelantikan Relawan TIK Provinsi Banten, yang juga dihadiri oleh Kemkominfo dan juga BPMPD Kab.Lebak

Terlihat sangat antusias para Relawan muda Banten itu, mereka sangat bersemangat mendengar akan di rilisnya website desa yang selama ini mereka tunggu-tunggu. M.Aminudin.MP (22) perwakilan Desa Sukajaya (Pemegang Bendera Pusaka) mengatakan, “kami khususnya Relawan TIK Provinsi Banten sangat berterima kasih sekali kepada Aji Panjalu ( Ketua RMI Bogor) yang sudah meluangkan waktunya serta berkorban dengan sepenuh hati untuk menyelenggarakan Festival Desa Melek IT di Provinsi kami. Sungguh kami sudah menunggu lama kedatangan website desa ini,

dan syukur Alhamdulillaah, sekarang impian kami sudah mulai tampak di depan mata, selain kami bisa memperkenalkan desa kami kepada Desa-desa lain, kami juga bisa memperkenalkannya pada Dunia. sehingga tidak akan ada lagi slogan, “Desa Melihat Dunia, melainkan Dunia yang sekarang melihat Desa” dengan beragamnya potensi yang ada di Desa, lanjut relawan muda itu kepada kami.

Relawan ini dibentuk pada dasarnya adalah untuk mengembangkan serta meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia di wilayah Banten terkhusus dalam bidang Tekhnologi Informasi dan Komunikasi. Yang pada akhirnya website desa ini tidak hanya berkembang di 37 Desa di Kabupaten Lebak, melainkan akan terus merambah ke berbagai Desa di Provinsi Banten.

tik 2

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Lebak (Rusito, S.Sos, M.Si) sedang berfose untuk tampilan utama Website Desa

tampak di samping kiri, Rusito, S.Sos, M.Si (Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa) sedang berfose untuk tampilan utama Website Desa. Dalam sambutannya, Rusito (43) menyampaikan, Pihak Pemda sangat senang dengan terbitnya website desa, dengan adanya Website Desa, diharapkan Desa-desa dapat mengembangan informasi serta potensi desanya masing-masing ke dalam website Desa, sehingga informasi serta potensi yang ada pada desa dapat diketahui oleh khalayak ramai di luar sana. terlebih jika Perangkat Desa mengupload atau memposting kegiatan-kegiatan yang ada di Desa, baik itu kegiatan yang berkaitan dengan kedinasan ataupun di luar kedinasan, proses transparansi dan akuntabilitasi akan terbentuk dengan sendirinya, ketika website ini dikelola dengan baik oleh setiap Desa.

Memang pada dasarnya Pemerintahan Desa sepertinya belum terbiasa dengan sistem tekhnologi yang semakin berkembang pesat pada eraglobalisasi sekarang ini. Tetapi dengan dibentuknya Relawan Tekhnologi Informatika dan Komunikasi insyaAllaah akan terwujud Pemerintahan yang lebih baik sehingga dapat mewujudkan serta mengimplementasikan UU No.6 Thn 2014 tentang Desa, yang mengarah pada Pemerintahan yang Good Governance (Transaparansi, Partisipasi dan Akuntabilitasi).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *