Desa Sukajaya Bagaikan Bayi Baru Lahir

IMG_20150817_081857

Masyarakat Desa Sukajaya akan pawai sepanjang jalan menuju lapangan upacara

Senin 17 Agustus 2015, tepatnya di lapangan Alun-alun Kecamatan Sajira, Desa Sukajaya meramaikan suasana tujuh belasan dengan mengadakan pawai bersama masyarakat se-desa Sukajaya. Tepat pukul 10:00 WIB, selesainya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, Masyarakat Desa Sukajaya mulai memasuki lapangan Upacara untuk menghibur seluruh peserta upacara dan masyarakat sekitar, diiringi dengan kendang penca, linmas Desa Sukajaya (Amin Haryadi) memainkan perannya sebagai pemain pencak silat, sorak ramai dari para peserta upacara dengan spontan melihat pertunjukan tersebut.

Dalam pawai tersebut, Desa Sukajaya menampilkan jagoan-jagoan kecilnya yang berpakaian tentara untuk melakukan pentas dengan menggunakan senapan asli daerah yang terbuat dari barang-barang bekas (bleson), dan berhasil membuat para peserta upacara terpukau dengan suara yang dihasilkan oleh alat tersebut.

20150817_100204

Tentara Kecil sedang menembakan alat tradisional ke udara

Masyarakat Desa Sukajaya Mengikuti Upacara Pengibaran Bendera

Yusuf (55) mengatakan, “inilah Perayaan Kemerdekaan yang sesungguhnya, ini benar-benar pesta rakyat, pesta yang diadakan oleh rakyat, pesta kemenangan rakyat, dan juga untuk menghibur rakyat, sekian tahun lamanya, baru perayaan kali ini ada Desa yang meramaikan kemerdekaan bersama masyarakatnya, sungguh ini adalah penumbuh semagat bagi Desa-desa yang lainnya, Desa Sukajaya bagaikan Desa yang baru lahir kembali, lahir dari segala keterpurukan dan siap menyongsong masa depan yang lebih cerah dan penuh kemajuan dari segala aspek”, tandas camat sajira itu.

Berkat kekompakan masyarakat Desa Sukajaya tersebut, Desa Sukajaya menduduki peringkat pertama sebagai Karnaval terbaik ditingkat Umum se-Kecamatan Sajira.

bagikanShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Print this page

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *