Penyusunan APBDes

Perangkat Desa Sukajaya sedang mengadakan Pelatihan di Aula Kecamatan bersama semua Perangkat Desa Se-Kecamatan Sajira dalam rangka penyusunan APBDes yang dipandu oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Sajira (Bpk Gojali), dalam Pelatihan tersebut Kasi Pem menyarankan agar semua Kaur dapat mengikuti Pelatihan ini dengan baik, serta dapat segera menyelesaikan APBDes masing-masing Desa.

3 thoughts on “Penyusunan APBDes

  1. admindesa
    3 Maret 2015 at 17:46

    Ini contoh komentar, akan terhapus jika artikel diatas dihapus.

  2. Asep Sukendha
    12 Februari 2016 at 17:09

    Assalamualaikum wr.wb
    Pak amin Tolong kirim ke Email saya pak tupoksi bentuk word ke saya.

    salam Saya.

    ASEP SUKENDHA
    Kasie Pemerintahan Desa Citeras

    1. admindesa
      24 Februari 2016 at 18:04

      Wa’alaykassalaam Wr Wb
      Oke Pak, siap, diantos nya pak,

      KEGIATAN KEPALA DESA DAN PERANGKAT DESA
      DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

      KEPALA DESA
      1. Otorisator, Keuangan Desa / Pengguna Anggaran
      2. Memimpin Tim Anggaran Pemerintah Desa
      3. Memantau, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan yang bersumber dari APBDesa
      4. Menandatangani Specimen rekening Desa
      5. Menandatangani slip pencairan dana Over Booking ke rekening pelaksana kegiatan
      6. Menyampaikan LPPD secara tertulis kepada BPD dan kepada BUPATI cq.Camat dalam acara khusus
      SEKRETARIS DESA
      1. Sebagai Koordinator Pelaksanaan Kegiatan yang bersumber dari APBDesa
      2. Memantau dan mengendalikan kegiatan yang bersumber dari APBDesa
      3. Menandatangani specimen rekening sekretariat Desa
      4. Mengesahkan laporan pertanggungjawaban keuangan
      KEPALA URUSAN UMUM (Jika Kaur hanya 1, dilaksanakan oleh Kasi Pem & Trantib)
      1. Merencanakan, melaksanakan dan mempertanggungjawabkan anggaran kegiatan penyusunan APBDesa, penyediaan administrasi perkantoran dan rapat, penghasilan tetap Kepala Desa dan Perangkat Desa, Honor Lembaga dan Masyarakat Desa, PHBN/PHBI dan Operasional Pemerintahan Desa lainnya
      2. Menandatangani specimen rekening Sekretariat Desa
      3. Menyusun dokumen Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes)
      4. Menyusun Nota Penggunaan Dana (NPD) dan mengajukan kepada Kepala Desa melalui Kepala Urusan Keuangan/Bendahara Desa
      KEPALA URUSAN KEUANGAN
      1. Bertindak sebagai Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) dan Bendaharawan Desa
      2. Menandatangani Rekening Desa
      3. Menyusun pengajuan Pencairan Dana Desa / Surat Permintaan Pembayaran (SPP) kepada Bupati melalui BPMPD
      4. Menerima pengajuan Nota Penggunaan Dana (NPD) dari PPTKDes kemudian mengajukan ke Kepala Desa
      5. Menerbitkan Surat Perintah Membayar (SPM) yang ditandatangani oleh Bendahara Desa dan Kepala Desa selanjutnya diajukan kepada Bank yang ditunjuk di outo debet
      6. Menerima dan memeriksa SPJ kegiatan dan selanjutnya diserahkan kepada Sekretaris Desa untuk disahkan
      7. Menyusun laporan realisasi anggaran desa setiap semester

      KEPALA SEKSI PEMERINTAHAN DAN TRANTIB
      1. Bertindak sebagai Pelaksana Kegiatan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKDes) seksi Pem dan Trantib
      2. Menyusun Rencana Anggaran dan Kegiatan Pembinaan RT dan RW, biaya Pilkades, penguatan Kelembagaan BPD, data Profil Desa
      3. Melakukan pembinaan, monitoring, evaluasi pelaksanaan kegiatan dan pertanggungjawaban keuangan
      4. Menjadi Kasat Linmas Desa
      5. Bersama-sama dengan Pelaksana Kegiatan menyusun Nota Penggunaan Dana (NPD) dan mengajukan kepada Kepala Desa melalui Kaur Keuangan
      KEPALA SEKSI EKBANG DAN KESRA
      1. Bertindak sebagai Pelaksana Kegiatan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKDes) seksi Ekbang & Kesra
      2. Menyusun Rencana Anggaran dan Kegiatan LPM, Karang Taruna, PKK, Posyandu dan kegiatan fisik melalui Padat Karya dan Pagu Indikatif Kecamatan
      3. Melakukan pembinaan, monitoring, evaluasi pelaksanaan kegiatan dan pertanggungjawaban keuangan kegiatan yang menjadi ruang lingkup tugasnya
      4. Bersama-sama dengan Pelaksana Kegiatan menyusun Nota Penggunaan Dana (NPD) dan mengajukan kepada Kepala Desa melalui Kaur Keuangan
      Kepala BPMPD Kab.Lebak

      RUSITO,S.Sos,M.Si
      NIP.197101111992011003

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *